TiMe..TiMe..

Join The Community

Minggu, 07 Maret 2010

Rencana Bisnis pembukaan restoran tradisional "RaOs PiSan"


















Rumah makan Khas Sunda “RaOs PiSan “
Jln.raya margonda no.48
Tlp.( 021 ) 77889951

Ringkasan Eksekutif
Melihat kota Depok sebagai kota pendidikan dari sisi bisnis merupakan pasar yang sangat potensial dan dinamis. Dengan populasi mahasiswa yang dari tahun ketahun terus bertambah jumlahnya menciptakan peluang bisnis tersendiri. Bisnis kos - kosan, warung makan, dan hiburan merupakan beberapa potensi bisnis yang potensial untuk dikembangkan.
Depok, juga menyimpan potensi yang dapat dikembangkan secara mendalam. Salah satunya adalah Restoran sebagai sebuah rumah makan dalam skala luas dan merupakan fasilitas publik, bukan lagi merupakan suatu hal yang sepele,tetapi lebih merupakan salah satu kebutuhan yang perlu mendapat sorotan dan perhatian khusus. Melihat kebutuhan restoran yang sangat diperlukan dan semakin bervariasinya selera masyarakat akan suatu restoran yang menyajikan menu tertentu yang sesuai dengan ciri khasnya.
Adapun jenis restoran yang ada antara lain:
• Restoran fast food, yang banyak digemari karena pelayanannya yang cepat.
• Restoran tradisional, yang menyediakan masakan khas daerah-daerah di
Indonesia seperti restoran khas Jawa Timur, Restoran masakan Padang dll.
• Restoran yang menyediakan masakan khas dari negara lain, seperti
restoran masakan Cina, Jepang, Itali, Perancis, dll.
• Restoran umum, yang menyediakan berbagai macam masakan (masakan
tradisional dan mancanegara).
• Cafe yang menghidangkan makanan riang maupun berat dan memanjakan
pengunjung dengan suasana maupun live music.
Melihat potensi bisnis yang sangat menjanjikan ini, maka saya berencana untuk membuka sebuah Restoran tradisional khas sunda yang mampu memberikan suasana pedesaan yang santai dan nyaman dimana masyarakat tidak perlu jauh-jauh kedesa untuk melepaskan kerinduannya dengan suasana pedesaan. Oleh sebab itu restoran tradisional ini juga memberikan fasilitas dan sarana prasarana tambahan sebagai fasilitas bagi para pengunjungnya.
Suasana interior yang dihadirkan memiliki peranan penting dalam menarik minat pengunjung sehingga dalam perancangan restoran tradisional ini sangat memperhatikan interior ruangan yang menampilkan dan menonjolkan keunikan, kekhasan dan kelebihan yang dimiliki restoran dibanding restoran lain.Sistem pelayanan yang diberikan bisa memuaskan pelanggan.
Oleh sebab itu pada restoran ini memberikan sistem pelayanan Ala-carte(tamu datang lalu memesan makanan pada waiters) dan sistem self service (pilih sendiri bahan mentahnya kemudian dimasakkan). Pengunjung dapat memilih sendiri sayuran dan lauk yang masih segar yang sesuai dengan selera masing-masing yang kemudian oleh pihak restoran sayuran dan lauk tersebut dimasak sesuai dengan menu pilihan pengunjung, menu pilihan sesuai dengan yang tertera dalam menu restoran. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan nantinya restoran ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat kota Depok.

Tujuan
Tujuan dari rencana pembukaan restoran tradisional khas sunda ini selain dari keuntungan yang sangat menjanjikan dengan memperkirakan tingkat penjualan yang tinggi serta payback period yang cepat, adalah untuk menghidupkan kembali suasana pedesaan di tengah-tengah suasana perkotaan yang sangat menjenuhkan.

Visi dan misi
Visi dan misi dari restoran tradisional khas sunda ini adalah
1.Restoran tradisional khas sunda “RaOs PiSan” ini menjadi Restoran yang terpercaya dan terbaik pada mutu dan kualitas.
2.Menomersatukan rasa dan kepuasan konsumen melalui pelayanan yang memuaskan.

Restoran
Restoran tradisional khas sunda ini menjual berbagai macam makanan dan minuman tradisional khas sunda. Selain menyediakan pelayanan secara langsung restoran tradisional khas sunda ini juga menyediakan pelayanan dengan system delivery jadi pembeli dapat merasakan masakan khas rentoran dimanapun dia berada dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi dan fasilitas restoran
Restoran tradisional khas sunda ini berlokasikan di Jln.raya margonda no.48 yang letaknya sangat strategis, Dekat dengan kampus dan kantor. Restoran tradisional ini juga mempunyai fasilitas yang cukup memuaskan pengunjung serta restoran tradisional ini sangat memperhatikan interior ruangan yang menampilkan dan menonjolkan keunikan, kekhasan dan kelebihan yang dimiliki restoran dibanding restoran lain.Sistem pelayanan yang diberikan bisa memuaskan pelanggan.

Sasaran
Sasaran dari restoran tradisional ini adalah mahasiswa, pegawai, serta keluarga yang ingin merasakan masakan yang mempunyai ciri khas sunda dan suasana yang dapat memberikan ketenangan.

Strategi Penjualan
Restoran tradisional khas sunda ini mempunyai strategi pemasaran untuk menarik minat pengunjung yaitu dengan cara memberikan harhga promo, paket, serta discount.

0 komentar:

Posting Komentar